Gelar Potensi UMKM Kemantren Gondomanan, Jelajah Kelezatan Kuliner dan Kreativitas UMKM Lokal

Sejumlah 40 stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kemantren Gondomanan yang terdiri dari UMKM Kelurahan Prawirodirjan dan Kelurahan Ngupasan menggelar, memajang dan menjajakan potensi di halaman Kemantren Gondomanan pada hari Kamis, 19 September 2024 pada acara "Gelar Potensi UMKM Kemantren Gondomanan yang bertema Jelajah Kelezatan Kuliner dan Kreativitas UMKM Lokal, dari kita untuk kita". 

Gelar Potensi UMKM tersebut merupakah salah satu agenda tahunan yang rutin diselenggarakan dengan tujuan mampu mengenalkan dan mengangkat serta meningkatkan ekonomi lokal, kreativitas dan juga pemberdayaan masyarakat setempat. Selain itu, gelar potensi UMKM digelar untuk dapat melihat potensi produk Kemantren untuk pengembangan pemasaran dan promosi produk unggulan Kota Yogyakarta. Potensi UMKM tersebut tentunya dapat mendorong UMKM untuk pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan, Cahya Wijayanta, S.Sos membuka acara tersebut dengan dihadiri oleh Kabag Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, Subarjilan, S.IP., M.Si dan juga Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta Praticia Heny Dian Anitasari, S.H., M.Hum yang sekaligus memberikan sambutan singkat untuk Gelar Potensi UMKM tersebut. Beliau berharap dari UMKM Kemantren Gondomanan, ekonomi Kota Yogyakarta mampu meningkat dan membawa perekonomian yang lebih baik.

Tidak hanya mengelar potensi UMKM, dalam acara tersebut menyelenggarakan beberapa lomba untuk ikut serta memeriahkan acara. Panitia menyelenggarakan lomba mewarnai untuk anak usia dini, lomba karaoke untuk masyarakat Kemantren Gondomanan, dan lomba stand UMKM terbaik. Pengumuman lomba disampaikan langsung pada akhir acara.

Peserta yang mendapatkan juara dalam pelombaan yang diselenggarakan adalah sebagai berikut :

Lomba Mewarnai

Juara 1 Maryam Emina Haq
Juara 2 Faradiba
Juara 3 Alliya Malaeka Rania
Juara Harapan 1 Shanum
Juara Harapan 2 Fadhil Kautzarazzy
Lomba Karaoke

Juara 1 Yetty Ariany
Juara 2 RM Kisandrianto 
Juara 3 P Adidalina Santi 
Juara Harapan 1 Maria Angelina Purnamasari
Juara Harapan 2 Fajar Yusuf Baktiar
Lomba Stand Terbaik

Stand Damira
Stand Naurist
Stand Saqueen
Seluruh pemenang tersebut mendapatkan hadiah penghargaan serta sertifikat pemenang lomba sebagai bentuk apresiasi dan menjadikan semangat untuk terus menjadi yang terbaik.

Beberapa peserta stand yang membuka lapak dalam acara gelar potensi UMKM tersebut merasa sangat senang karena mereka mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasanya, sedangkan seluruh peserta dengan antusias mengikuti rangkain acara dengan meriah, bahagia dan berharap acara seperti ini bisa terlaksana rutin setiap tahun dan lebih baik untuk kedepannya.