Kunjungan Forkompimtren pada Pelaksanaan PIN Polio

Penyakit Polio, atau juga dikenal sebagai Poliomyelitis, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Penyakit ini bisa menyerang sistem saraf, menyebabkan kelumpuhan permanen pada beberapa penderitanya. Awalnya, polio dapat menyerang anak-anak kecil dan sering kali menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau melalui makanan dan air yang terkontaminasi oleh virus polio.

Untuk melawan penyebaran penyakit polio, pemerintah di banyak negara melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. PIN Polio adalah sebuah program imunisasi yang bertujuan untuk memberikan vaksin polio kepada seluruh populasi, terutama anak-anak di bawah usia lima tahun. Program ini dilaksanakan secara berkala dan melibatkan tenaga medis, relawan, serta berbagai pihak terkait. Melalui PIN Polio, pemerintah berharap dapat mencapai status "bebas polio" di Indonesia.

Terkhusus di wilayah Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta, PIN Polio Tahap 1 diselenggarakan mulai tanggal 23 - 27 Juli 2024. Untuk tempat pelaksanaanya sendiri diselenggarakan di beberapa titik sekolah yang ada di Kemantren Gondomanan dan juga akan diselenggarakan di Pendopo Kemantren Gondomanan untuk tanggal 27 Juli 2024 mendatang. 

Pelaksanaan PIN Polio di SD Marsudirini dan TK Matter Dei diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Juli 2024 dan menerima kunjungan langsung oleh Forkompimtren Gondomanan yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Gondomanan, Kapolsek Gondomanan, Koramil Gondomanan, Kepala Jawatan Sosial sekaligus Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Gondomanan beserta BKO dan Linmas Kemantren Gondomanan untuk melakukan pengamanan dan penertiban pelaksanaan PIN Polio tersebut.

"Jumlah sasaran anak penerima PIN Polio hari ini sejumlah 214 anak, akan tetapi hanya 206 anak yang mendapatkan imunisasi Polio pada hari ini di SD Marsudirini dan TK Matter Dei" ujar dr. Fajar Meitaharti selaku Kepala Puskesmas Goondomanan.

AYO SUKSESKAN PIN POLIO KEMANTREN GONDOMANAN 27 JULI MENDATANG,

UNTUK INDONESIA SEHAT!!!