Wajah Baru Kemantren Gondomanan Ditinjau Pj. Wali Kota Yogyakarta

Menjadi sebuah berkah dan seperti hadiah awal tahun baru 2024, Kemantren Gondomanan mendapatkan sarana dan prasarana gedung kantor baru. Gedung baru tersebut berada di Jalan Brigjen Katamso 93 Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Banyak orang mengenal Gang Asrama PU, karena memang dulunya adalah wilayah asrama PU. 

Meskipun penataan belum selesai secara utuh dan menyeruluh, pelayanan masyarakat di gedung baru sudah di mulai pada tanggal 2 Januari 2024. Tepat di hari pertama pelayanan di kantor baru tersebut, kami menerima kunjungan dari Pj. Wali Kota Yogyakarta beserta jajarannya. Kunjungan tersebut meninjau gedung baru yang lebih representatif dengan gaya modern namun tetap memiliki nuansa jawa dan memiliki ukuran kurang lebih 650 meter persegi yang memiliki 3 lantai yang masing-masing luas bangunannya 200 meter persegi ditambah satu pendopo di bagian depan seluas 50 meter persegi. Dalam kunjungannya tersebut, Pj. Wali Kota Yogyakarta berharap masyarakat semakin nyaman untuk mengakses layanan maupun berkegiatan. Pun teruntuk pelayan masyarakatnya semakin semangat dalam memberikan pelayanan serta berkinerja.

Untuk kantor Kemantren Gondomanan yang lama direncanakan akan dialihfungsikan untuk kegiatan lain. Kemungkinannya akan digunakan oleh UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya, namun akan dilihat kembali apakah dari sisi kebutuhan dan luas bangunan sesuai atau tidak.