PENYULUHAN KESEHATAN JIWA DI MASA PANDEMI

di Update Hari Kamis, 18 Februari 2021

Penyuluhan Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi .. dengan Tema Pembentukkan Kemantren Sehat Jiwa di Masa Pandemi

Yang dihadiri oleh Kepala SF RSUP Sardjito Bp. Dr. dr. Ronny Wirasto., Sp.Kj sebagai Narasumber .

beliau menyampaikan beberapa materi antara lain :

Kesehatan Jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya ..

ODGJ : Orang Dengan Gangguan Jiwa

orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia

ODMK : Orang Dengan Masalah Kejiwaan

orang yang mempunyai masalah fisik, mental, sosial, pertumbuhan dan perkembangan, dan/atau kualitas hidup sehingga memiliki risiko mengalami gangguan jiwa.

Penyebab ODGJ :

1. Psikotik , Contoh : Kehilangan Pekerjaan

2. Organik, Contoh : Kecelakaan

Tanda-Tanda Umum ODGJ :

~ Selalu Merasa Lelah

~ Gangguan Tidur

~ Selalu Merasa Sakit

Namun apabila masih melakukan kegiatan yang disukai, merasa enak makan, dan punya motivasi hidup maka orang tersebut masih dikatakan sehat

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa diperlukan adanya ketersinambungan antara kepedulian Masyarakat dan penderita ODGJ, serta dukungan dari pemerintah setempat yang terkait. Ketersediaan sarana pencukupan kebutuhan jiwa juga sangat berguna untuk mencegah meningkatnya jumlah penderita.

Tetap Semangat!

Selalu Bersyukur!

Tetap Jaga Kesehatan!

Salam 1 hatiĀ Untuk Melayani

#gondomanansehatjiwa