Sosialisasi Penyelenggaraan Idul Adha dan Penyembelihan Qurban di masa Pandemi Covid 19 di Pendopo Kecamatan Gondomanan

Pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 telah di adakan Sosialisasi Penyelenggaraan Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban di masa Pandemi Covid 19 di Pendopo Kecamatan Gondomanan. Dalam acara ini di hadiri ketua RW serta tokoh tokoh masyarakat, Camat Gondomanan, Kepala KUA, Kepala Puskesmas, Lurah Prawirodirjan, Lurah Ngupasan,Polsek, Koramil serta dari Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Yogyakarta bapak Drs H Nur Abadi MA.
Kerinduan umat untuk melaksanakan ibadah di masa pandemi ini sudah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah dengan mengeluarkan aturan bersama. dengan masifnya penyebaran virus covid 19 di indonesia, pemerintah telah berusaha untuk menghambatnya termasuk di DIY , Gubernur DIY masih menetapkan tanggap darurat pandemi covid 19 diperpanjang s.d tanggal 30 Juli 2020 tentu berdampak pula bagi kita semua untuk menyelenggarakan sholat " Idul Adha " dan Penyembelihan hewan qurban.
Dalam hal ini kita juga perlu memperhatikan anggota keluarga yang rentan, terutama mereka yang lanjut usia, yang mempunyai penyakit penyerta seperti diabetes,hipertensi,gangguan paru-paru,gangguan ginjal,penyakit autonimun dan kehamilan serta anak anak ke tempat umum termasuk ke masjid dan mushola.
Untuk itu ada beberapa protokol kesehatan yang wajib dan perlu menjadi kebiasaan di masjid/ musholadan diluar rumah seperti senantiasa menggunakan masker, sering mencucui tangan dengan ditergendan wajib menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain saat beraktifitas bersama termasuk ibadah. itulah beberapa panduan yang harus kita jalankan demi mencegah meluasnya penyebaran virus covid19 di indonesia.